Selasa, 09 Juni 2020

5 Kesalahan Yang Harus Dihindari Agar Hubungan Asmara Tetap Awet

Di dalam hubungan asmara, tidak semua kesalahan yang dilakukan olehmu bisa diselesaikan hanya dengan sebuah kata maaf pada pasangan. Justru, banyak banyak sekali kesalahan yang tak bisa selesai hanya dengan permintaan maaf.

Di mana, biasanya kesalahan ini menimbulkan sakit hati yang mendalam, kekecewaan dan trauma dalam diri pasanganmu. Nah, berikut ini beberapa kesalahan yang tak bisa selesai dengan kata maaf saja. Jangan sampai kamu lakukan, ya!

1. Perselingkuhan

Perselingkuhan dalam hubungan adalah sebuah pengkhianatan terbesar dalam hubungan. Bukan hanya rasa sakit hati dan kecewa saja yang dirasakan oleh pasanganmu, justru rasa trauma berkepanjangan yang akan dialaminya terus menerus.

Kesalahan seperti ini tidak bisa diselesaikan hanya dengan kata maaf saja. Bahkan, dengan kamu meninggalkan selingkuhanmu dan balik lagi padanya pun itu belum menebus kesalahanmu. Jadi, jalan satu-satunya penyelesaian kesalahan seperti ini adalah dengan putus. Walaupun putus tidak akan menyembuhkan rasa trauma akibat sakit hati yang kamu torehkan.

2. Memperlakukan pasangan dengan kasar, baik fisik maupun psikis

Sejatinya sosok yang cinta pada pasangannya, tentu akan menjaga dan melindungi. Namun, berbeda bila kamu mencintai, tapi justru memperlakukan pasanganmu dengan sangat kasar, baik secara fisik maupun psikis.

Hal itu sangat mencerminkan, bagaimana hubungan yang kamu jalani sangat toxic dan melukai hati pasanganmu. Kesalahan seperti ini mungkin dimaafkan oleh pasanganmu. Namun, hal itu hanya berlaku di mulut saja. Dalam lubuk hati dirinya, dia tak akan pernah memaafkanmu. Bahkan, kesalahan seperti ini tidak bisa selesai hanya karena kata maaf, justru selesai jika kamu dan dia berpisah agar dirinya tak terus menerus merasa tertekan dan sakit hati.

3. Menghina keluarga pasangan

Siapa orang yang ingin keluarganya dicaci maki dan dihina oleh pasangannya sendiri? Tak akan pernah ada sama sekali. Keluarga adalah suatu hal yang paling penting dan berharga dalam hidupnya. Kamu tak berhak sama sekali untuk menghina keluarganya hanya karena alasan-alasan tertentu yang kamu bikin.

Ketika kamu menghina keluarganya di hadapan dirinya, maka dia akan terluka secara batin sehingga timbul rasa benci pada dirimu. Kata maaf yang kamu berikan untuk menebus kesalahanmu pun tak berarti sama sekali.

4. Memanfaatkan diri pasangan untuk memenuhi kepuasan dalam dirimu

Di dalam hubungan itu, wajarnya ada feedback satu sama lain. Memanfaatkan hubungan dan kehadiran pasangan hanya untuk memenuhi kepuasan dirimu, seperti memanfaatkan uangnya atau tubuh pasangan untuk kepuasan nafsu, tentu saja hal yang salah.

Jika pasanganmu mengetahui bahwa dirinya tak benar-benar mencintainya dan hanya memanfaatkannya saja, maka dia akan membencimu saat itu juga. Bahkan, dengan kamu sadar dan meminta maaf dengan tulus padanya, maafmu tidak berarti apa pun.

5. Menghina pasangan di hadapan publik

Ketika kamu menghina pasangan di hadapan publik atau di keramaian hanya karena kesalahan dia, baik sepele maupun besar, maka hal itu tetap salah, meski maksudnya agar dia bisa paham. Karena, ketika kamu memarahinya di hadapan publik, yang dirasakannya bukan hanya malu, tapi juga luka batin yang sulit untuk sembuh.

Lalu, ketika kamu meminta maaf kepadanya dengan alasan menyesal, maafmu tidak akan pernah menyembuhkan luka batin tersebut. Dengan kata lain, maaf yang kamu ucapkan sangat percuma karena hal itu sudah terjadi dan menjadi luka batin yang sulit sembuh.

Itulah lima kesalahan dalam hubungan yang tak terselesaikan hanya dengan kata maaf. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati dalam bertindak jika tak ingin hubungan yang kamu jalin dengannya hancur dan berakhir.

Tidak ada komentar: